Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Animaker Materi Teks Ceramah Kelas XI SMK Kesehatan Bina Husada Bogor
Berdasarkan prapeneltian di SMK Kesehatan Bina Husada, ditemukan bahwa media pembelajaran di kelas jarang menggunakan teknologi dan lebih sering menggunakan teknologi dan lebih sering menggunakan metode konvensional. tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, menyusun rancangan, mendeskripsikan kelayakan, dan menjelaskan efektifitas median pembelajaran berbasis Animaker pada materi tekas ceramah. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengmbangan, implementasi, dan evaluasi. Sasaran penelitian adalah kelas XI dengan 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi uji validasi, angket, serta pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan melalui angket kelayakan, angket respons, dan hasil pre-test serta post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis Animaker pada materi teks ceramah sangat layak digunakan, dengan presentase kelayakan media sebesar 90%, kelayakan bahasa 100%, dan kelayakan materi 98%. Efektivitas media ini terlihat dari respons guru sebesar 98% dan respons siswa sebesar 94%, keduanya dalam kategori sangat efektif. Hasil belajar siswa meningkat, dengan rata- rata pre-test 69% dan post-test 89% serta N-Gain Score 1 dengan presentase 71%. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Animaker pada materi teks ceramah untuk kelas XI sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkatkan hasil belajar siswa serta sebagai sumber media pembelajaran bagi guru.
Tidak tersedia versi lain