Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Keterbacaan Teks Menggunakan Formula Grafik Fry dalam Buku teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Keterbacaan Teks Menggunakan Formula Grafik Fry dalam Buku teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X

Pratiwi, Ayu Diah/032118072 - Nama Orang;

Buku teks pelajaran merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Interaksi antara siswa dan guru diciptakan berdasarkan materi yang ada dalam buku teks pelajaran. Khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, diperlukan buku teks pelajaran yang dapat membentuk aktivitas siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa . Dalam pemilihan buku teks pelajaran, guru perlu mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya adalah keterbacaan. Keterbacaan merupakaan ukuran sesuai tidaknya suatu bahasabagi pembacanya. salah satu cara untuk mengukur keterbacaan teks adalah menggunakan formula Grafik Fry. formula grafik fry menggunakan suku kata dan kalimat utuh sebagai kunci utama pengukuran keterbacaan teks. Tulisan ini membahas penggunaan formula Grafik fry sebagai alat ukur keterbacaan teks dalam buku teks dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterbacaan teks pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas X.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, penelitian akan menguji tiga buku teks pelajaran bahasa indonesia kelas X yang diterbitkan oleh Yrama Widya, Yudhistria, dan Erlangga, Total keseluruhan teks yang akan di uji berjumlah 41 teks. Peneliti akan menentukan jumlah suku kata, jumlah kalimat utuh, jumlah kata sampai kata ke - 100 pada kalimat terakhir, jumlah kata dalam kalimat terakhir per 100 kata, dan rata rata jumlah suku kata, dan rata rata jumlah kalimat utuh. Hasil penelitian dari 41 teks yang di ukur, 29 teks menunjukan hasil "Tidak Sesuai", dan 12 teks menunjukan hasil "sesuai" . Berdasarkan data tersebut, jumlah keterbacaan teks yang sesuai. Artinya, tingkat keterbacaan pada ketiga buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas X masih tergolong mudah.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 91 pra
2022SI0091.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
91 PRA
Penerbit
Bogor : ., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
91 PRA k 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterbacaan
buku teks
dam Grafik Fry
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rina Rosdiana, M,Pd. dan Roy Efendi, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?