Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : studi ini dengan pendekatan kelas pada siswa kelas V sekolah dasar negeri ciriung 04 kecamatan cibinong kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017
Gilang Karsa Nugraha, NPM. 037109181. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasae negeri ciriung 04 kecamatan cibinong kabupaten bogor. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar . Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Pakuan. 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolabolator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, pada kelas V melalui Model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Obyek penelitian ini adalah siswa dasar negara negeri ciriung 04 kelas V yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi 24 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil Penelitian menujukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siklus I memperoleh nilai 76 atau siklus II menjadi 90 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 85
5. Begitu pula dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh Nilai 75,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,00% sedangkan hasil observasi perilaku siswa menujukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitu 80,50% sedangkan siklus kedua meningkat menjadi 80,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di sekolah dasar negeri ciriung 04 kecamatan kabupaten bogor. Selain itu model pembelajaran Numbered Heads Together dapat menignkatkan disiplin, kerjasama, dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran dengan bimbingan seorang guru
Tidak tersedia versi lain