Skripsi PGSD
Penerapan Modul Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Studi ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V sekolah dasar negeri tajur halang kecamatan bogor semester genap tahun pelajaran 2018/2019
Lesi lestari. NPM. 037112214. Penerapan model pembelajaran mindmapping untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial disekolah dasar negeri tajur halang kecamatan Bogor. Skripsi program studi pendidikan guru sekola dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas pakuan, bogor,2019 penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan secara kolabaratif dengan dua siklus. tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V melalui penerapan model pembelajaran kooperatif mindmapping. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kleas V sekolah dasar negeri tajur halang dengan jumlah 35 siswa . penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri tajur halang kecamatan bogor pada bulan april, semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kualitas pembelajaran pada siklus I sebesar 72,43% sedangkan pada siklus II sebesar 85,13%. Hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada keaktifan, kerja sama, dan kreatifitas dengan perolehan nilai pada siklus I yaitu sebesar 69%, sedangkan siklus 2 yaitu sebesar 75%, kemudian hasil obvervasi penilaian keterampilan juga mengalami peningkatan pada aspek berkomunikasi antar kelompok , menyamoaikan hasil diskusi, dan ketetapan waktu saat berdiskusi siswa dengan perolehan nilai pada siklus I yaitu sebesar 75%, dan sikuls II sebesar 90%. Begitu pula nilai rata-rata hasil siswa siklus I memperoleh 68,7 dengan tingkat ketuntasan 68,57%, sedamgkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,14 dengan tingkat ketuntasan 85,71%. Sehingga dari mengalami peningkatan, pada kualitas pembelajaran meningkat 13%, sedangkan observasi perubahan perilaku siswa 5%, observasi penilaian keterampilan meningkat 18% dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial meningkat 17,14%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pegetahuan sosial pada siswa kelas V di sd negeri tajur halang kecamatan bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkat pastisipasi dan aktivitas siswa dalam prose pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain