Skripsi Biologi
Pengembangan Flipbook Berbasis Stem pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Kreativitas Ilmiah (Scientific Creativitty) Siswa
Keterampilan kreativitas ilmiah (scientific creativity) siswa menunjukan masih jarang diujicobakan dan dalam proses pembelajaran belum pernah menggunakan bahan ajar elektronik dengan mengintegrasikan pendekatan stem. Sehingga perlu dukungan media pembelajaran berbasis teknologi. Hal ini karna perkembangan zaman yang pesat mempengaruhi era pendidikan di abad 21 yang menekankan pada pembelajaran berbasis informasi dan teknologi, untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi diri khususnya kreativitas ilmiah dalam memanfaatkan informasi dan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengambangkan 1) kepraktisan flipbook pada konsep materi perubahan lingkungan 2) efektivitas flipbook berbasis stem 3) keterampilan kreativitas ilmiah siswa setelah menggunakan media ajar flipbook berbasis stem. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research amd development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanaakan bulain mei 2024- juni2024. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa SMA Bani Saleh Kota Bekasi Kelas X/Fase E tahun akademik 2023/2024 sebanyak 31 orang siswa. Teknik mengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil Dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis stem layak di uhji cobakan dengan skor ahli validasi materi 95% dan ahli validasi media 97,5% termasuk dalam kategori sangat valid serta dukungan melalui uji N-Gain sebesar 0,44 berada pada kriteria sedang dan parameter uji stastisik wilcoxon diperoleh sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 termasuk dalam kategori signifikan. Sehingga, terbilang sebagai bentuk efektivitas media.
Tidak tersedia versi lain