Skripsi Biologi
Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kreatif Peserta Didik
LKPD merupakan perangkat pembelajaran sebagai pelengkap atau sarana pendukung pelaksanaan RPP ( rencana pelaksanaan pembelajaran). Dengan penggunaan LKPD akan membuka kesempatan peserta didik untuk aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode research and development, penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze (analisis), Design (merencanakan), Development (pengembangan), implementation (penerapan), Evaluation ( evaluasi). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Project Based Learning dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik serta mengetahui apakah LKPD berbasis Project Based Learning layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Bogor. LKPD ini sudah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil dari ahli materi yaitu (77,7) dengan kriteria layak dan hasil dari ahli media (72,5) dengan kriteria layak. Hasil dari pretest mendapat nilai rata-rata (68,78) dan hasil yang didapat saat pottest sebesar (84,25). Hasil analisis N-Gain menunjukan kriteria tinggi yaitu sebesar (0.92). Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar lembar materi kerja peserta didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PJBL) pada materi ekosistem layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik.
Tidak tersedia versi lain