Skripsi PGSD
Hubungan Interaksi Sosial dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik : Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional di Kelas V SDN Bojong 01 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.
Novia Maharani 037117088. Hubungan Interaksi Sosial dengan
Kemandirian Belajar Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan Interaksi Sosial dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik V
Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian
ini adalah 66 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Penelitian
ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hubungan interaksi sosial dengan
kemandirian belajar peserta didik ditunjukkan dengan analisis statistik yang
menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,447. Ini menunjukkan
adanya hubungan antara interaksi sosial dengan kemandirian belajar
peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,199 atau
sebesar 19,9%. Sisanya sebanyak 80,1% ditentukan oleh faktor lain. Ratarata kemandirian belajar pada peserta didik sebesar 19,9% ditentukan oleh
interaksi sosial melalui persamaan regresi Ŷ = 74,59+ 0,39X, artinya setiap
kenaikan unit nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan
kemandirian belajar peserta didik sebesar 0,39 unit. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara
interaksi sosial dengan kemandirian belajar peserta didik pada siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kabupaten Bogor Semester Genap
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Tidak tersedia versi lain