Skripsi Indonesia
Penerapan Metode Membaca PQRST Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas VIII MTS AL-ASIYAH Cibinong Kabupaten Bogor
Metode membaca PQRST merupakan sebuah prosedur kerja yang meminta para peserta didik untuk melakukan kegiatan preview (membaca sekilas), lalu Question (bertanya), setelah itu read (membaca sekilas), lalu Question (bertanya), setelah itu read (membaca utuh), Kemudian Summarize (meringkas) dan yang terkahir Test (menguji). Metode PQRST mempunyai tujuan untuk mengikut sertakan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui tahapan-tahapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang bertujuan untuk mencari tahu serta menganalisis apakah metode membaca PQRST dapat meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik dan juga kendala yang dialami saat melakukan kegiatan PQRST Kemampuan membaca pemahaman menjadi fokus utaman penilitian, Yaitu sampai sejauh mana siswa mampu memahami sebuah bacaan untuk menjawab sebuah soal. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa penerapan metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang dibuktikan dengan hasil pratest dan postest peserta didik yang mrngalami peningkatan secara signifikan. Nilai pratest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 58 yang termasuk dalam kategori kurang mampu dan nilai postes nya memiliki rata rata 84,3. Hasil ini tentu memberikan sebuah hal yang positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah
Tidak tersedia versi lain