Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022.
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022.

Sumiati, Dwi Nola/037118162 - Nama Orang;

Dwi Nola Sumiati, 037118162. Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal Dan
Campuran Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri
Bojong Kiharib Kecamatan Cigombong kelas V A dan V B pada bulan Juni
semester genap. Hasil penelitian menunjukan nilai N-Gain pada kelas
eksperimen lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelas kontrol. Peneliti
juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel distribusi
normal karena kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas
Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,430 ≤ 0,173, pada
kelompok kelas Discovery Learning Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,336 ≤ 0, 173.
Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena
lebih kecil dari Ftabel, didapatkan nilai 1,42 ≤ 2,01. Selanjutnya pada uji
hipotesis thitung sebesar 53,3 lebih besar dari ttabel sebesar 2,01063,
menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif)
diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan
bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar serta lebih efektif dari pada model Discovery Learning
pada subtema benda tunggal dan campuran.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 28 SUM
2022SPGSD0028.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
28 SUM
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
xv, 109 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
28 SUM p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Eksperimen Kuasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Yuyun Elizabeth, M.Pd. dan Dr. Nita Karmila, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?