Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal dan Campuran : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas V SDN Bojong Kiharib Kec. Cigombong Tahun Ajaran 2021/2022.
Dwi Nola Sumiati, 037118162. Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Benda Tunggal Dan
Campuran Kelas V SD. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri
Bojong Kiharib Kecamatan Cigombong kelas V A dan V B pada bulan Juni
semester genap. Hasil penelitian menunjukan nilai N-Gain pada kelas
eksperimen lebih berpengaruh dibandingkan dengan kelas kontrol. Peneliti
juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel distribusi
normal karena kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas
Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,430 ≤ 0,173, pada
kelompok kelas Discovery Learning Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,336 ≤ 0, 173.
Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena
lebih kecil dari Ftabel, didapatkan nilai 1,42 ≤ 2,01. Selanjutnya pada uji
hipotesis thitung sebesar 53,3 lebih besar dari ttabel sebesar 2,01063,
menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif)
diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat dinyatakan
bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh
terhadap hasil belajar serta lebih efektif dari pada model Discovery Learning
pada subtema benda tunggal dan campuran.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Tidak tersedia versi lain