Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor Semester genap Tahun Ajaran 2021/2022
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar , Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan guru sekolah dasar unuversitas pakuan 2022. penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema perkembnagan teknologi kuminikasi melalui model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri citaringgul 06 kabupaten bogor kelas lll S, dan lll B pada bulan april sampai mei semester genap tahun pelajaran 2020/2021 . Perhitungan N-Gain model Discovery Learning sebesar 65 dengan kriteria tinggi. Sehingga N-Gain model konvensional sebesar 65 dengan kriteria tinggi . Sehingga N-Gain Pada kelas eksperimen dengan model Discovery Learning lebih besar dibandingkan kelas model konvensional. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,089 < 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai hitung < tabel yaitu 0,073 < 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung < Ftabel sebesar2,51 lebih besar dari tabel sebesar 2,02108, menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak ha (Hipotesis alternatif) diterima . Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema perkembangan teknologi komunikasi melalui penerapan model pembelajaran Discocery Learning
Tidak tersedia versi lain