Skripsi PGSD
Analisis Pengembangan Diri Siswa Tunagrahita Kategori Sedang dalam Merawat Diri : Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif pada Kelas V Sekolah Luar Biasa-C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) kemampuan
pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat pada anak
tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor,
dan 2) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
kemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat
pada anak tunagrahita kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualititatif. Subjek penelitian
yaitu satu anak tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB-C Dharma
Wanita Kota Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam
penelitian ini adalah pengumpulan data, analisis data, pengecekan
keabsahan data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian yang telah
dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) kemampuan
pengembangan diri makan dan minum pada anak tunagrahita sedang kelas
V di SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor dalam aspek yang mampu
dilakukan sendiri memegang centong, menggunakan centong, memegang
sendok sayur, memegang sendok makan dengan tangan kanan,
menyendok makanan secukupnya, memasukkan makanan ke dalam mulut
dan mengunyah makanan perlahan-lahan, menyendok makanan tanpa
menimbulkan bunyi, menelan makanan perlahan-lahan, dan merapikan
nasi, lauk dan sayur yang tercecer. 2) faktor pendukung dan penghambat
kemampuan pengembangan diri makan dan minum menggunakan alat
pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB-C Dharma Wanita Kota
Bogor sebagai berikut; a) faktor pendukung yaitu, adanya sumber belajar
yang lengkap berupa buku atau modul dengan gambar-gambar peralatan
makan dan minum, tersedianya ruang praktek pengembangan diri. b) faktor
penghambat yaitu, kurang kondusifnya suasana kelas karena adanya
gangguan dari luar dan kurangnya motivasi dari orang tua dalam
mengajarkan anak agar dapat makan dan minum dengan mandiri.
Kata kunci : Siswa Tunagrahita, Pengembangan Diri, dan Merawat Diri
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain