Skripsi PGSD
Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Pada Materi Hak Dan Kewajiban: pendekatan research and development (R&D) pada peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri ciheuleut 1 kota bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Rista Chamella Anggriani. 037121003. Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine pada Materi Hak Dan Kewajiban. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbentuk e- magazine pada materi hak dan kewajiban untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 1. Penelitian menggunakan pendekatan reserach and development (R&D) dengan subyek sebanyak 24 peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Proses penelitian meliputi analisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik, desain produk, validasi ahli, serta uji coba media pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi menunjukan media e-magazine layak digunakan dengan persentase rata-rata 90,25%. Uji coba media pada peserta didik memperoleh respon positif dengan persentase rata-rata 92%. Efektivitas media dibuktikan melalui peningkatan nilai pretes dari 47% menjadi postes 85% dengan nilai gain sebesar 75%, yang menunjukan media tergolong cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-magazine yang dikembangkan valid, menarik, mudah digunakan, dan layak dipelajari oleh peserta didik pada materi hak dan kewajiban.
Tidak tersedia versi lain