Skripsi PGSD
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Kelas VI SDN Perwira
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan, karena tanpa adanya Pendidikan kita tidak akan bisa mengembangkan potensi diri yang kita miliki secara optimal baik itu kognitif, prikomotorik maupun afektif. Pendidikan diwujudkan melalui proses belajar mengajar. Pemerintah menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperolah pendidikan yang bermutu dan warga negara yang mempunyai kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan sosial berhak memperoleh pendidikan khusus. Sebagai calon guru hendaknya harus mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dikelas, khususnya kesulitan peserta didik dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Tempat pengamatan di SDN Perwira Kota Bogor. Pengumpulan informasi dilakukan dengan observasi dan wawancara. Delngan inisial “D” anak
yang digunakan dalam pelnellitian ini sudah selsuai delngan kritelria pelnelliti,
yaitu anak yang melngalami kelsulitan dalam bellajar pada anak belrkelbutuhan Khusus tunagrahita ringan. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika adalah bahwa “D” memiliki rasa percaya diri yang kurang. Harus melakukan pengulangan dalam berhitung. Kurang motivasi, kurang fokus dalam konsentrasi, memiliki masalah dengan Kesehatan tubuhnya yang mengakibatkan “D” mengalami kesulitan belajar matematika.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Tunagrahita Ringan
Tidak tersedia versi lain