Buku Biologi
Pengembangan E-BOOK berrbasis problem based learnimg sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
Hesti Nuraeni. 036120002. Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Indri Yani, M.Pd. dan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd.
Keterampilan berpikir kritis merupakan kegiatan berpikir yang tinggi, meliputi kegiatan menganalisis, mensintesis, mengenal permasalahan dan pemecahan, menyimpulkan dan mengevaluasi. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan oleh seseorang agar dapat menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan bermasyarakat maupun personal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar EBook berbasis Problem Based Learning yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pernpasan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga Juli 2024.Objek penelitian ini yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Cilograng kelas XI-1 sebanyak 32 orang. Pelaksanaan uji coba lapangan dilakukan uji coba terbatas menggunakan desain one group pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli media akhir sebesar 96% dan uji validasi ahli materi akhir sebesar 92% dengan kategori valid; 2) Penggunaan E-book mendapat respon yang baik dalam proses pembelajaran siswa dengan persentase sebesar 88,87% dengan kriteria sangat baik; 3) Penggunaan e-book efektif membantu guru dalam proses pembelajaran dengan mendapat persentase sebesar 91,42% dengan kategori sangat baik; 4) Bahan ajar e-book cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi sistem pernapasan dengan nilai sebesar 0,305 dengan kategori sedang dan cukup efektif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain