Skripsi PGSD
Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbantuan Powtoon Materi Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum di Sekolah Dasar: Pendekatan Research and Develpment (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bubulak 02 Kota Bogor Semwester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Novi Indriyani, 037121013. Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbantuan Powtoon Pada Materi Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengevaluasi efektuvitas bahan ajar yang dirancang. Metode yang digunakan pendekata Research and Development (R&D) Dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Uji coba dilaksan di kelas V SDN Bubulak 02 Kota Bogor dengan peserta didik sebanyak 23 orang. Dalam penelitian ini uji validasi dilakukan terhadap produk bahan ajar video animasi oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh 100% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa memperoleh 100% dengan kriteria sangat layak, ahli materi oleh dosen memperoleh 94% dengan kriteria sangat layak, dan ahli materi oleh guru memperoleh 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon peserta didi sebesar 91% dan angket merespon guru sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Diperkuat dengan hasil uji efektivitas N-Gain dengan skor rata-rata hasil belajar sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar video animasi berbantuan Powtoon sangat efektif dan praktis dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, serta mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain