Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sest ( Secience, Environment, Technology, Society) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Zalfa Yania Ramadhanty 036116049 - Nama Orang;

Zalfa Yania Ramdhanty. 036116049. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SEST (Science, Environment Technology, Sciety). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SEST (Science, Environment Technology, Sciety) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Plus Putra Melati Jonggol. Berdasarkan hasil obserfasi awal, ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, yaitu sekitar 40%. Pendekatan SEST dianggap relavan karena dapat mengintegrasikan sains dalam konteks kehidupan nyata, sehingga merangsang pemikiran peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment serta desaim penelitian Non Equivalent Control Group Pretest-Posttest Experimental Design. Purposive Sampling digunakan untuk memilih sampel untuk penelitian ini, yang meliputi 31 peserta didik dari kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol, dan 31 peserta didik dari kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pertanyaan bentuk esai pada ujian tertulis digunakan untuk memperoleh data. Karena terdapat satu kumpulan data yang distribusinya tidak normal dan tidak homogen, digunakan uji hopetetis Independent Sample T-Test dan uji statistik nomparametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SEST (Science, Environment, Technology, dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dengan nilai N-Gain skor kelas eksperimen 59,51, sedangkan nilai N-Gain skor kelas kontrol 33,41; san nilai signifikan uji t 0,000 < 0,05; juga nilai siguji Mann Whitney adalah 0,000 < 0,05.


Ketersediaan
#
My Library 02/Ram
2025BIOLOGI1513.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
02/Ram
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
02/Ram/p/2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Berpikir Kritis
Perubahan Lingkungan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Rita Istiana, S.Si, M.Pd dan Suci Siti Latifah, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?