Skripsi Biologi
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sest ( Secience, Environment, Technology, Society) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.
Zalfa Yania Ramdhanty. 036116049. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SEST (Science, Environment Technology, Sciety). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Istiana, S.Si., M.Pd. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SEST (Science, Environment Technology, Sciety) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Plus Putra Melati Jonggol. Berdasarkan hasil obserfasi awal, ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, yaitu sekitar 40%. Pendekatan SEST dianggap relavan karena dapat mengintegrasikan sains dalam konteks kehidupan nyata, sehingga merangsang pemikiran peserta didik kelas X pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bersifat Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment serta desaim penelitian Non Equivalent Control Group Pretest-Posttest Experimental Design. Purposive Sampling digunakan untuk memilih sampel untuk penelitian ini, yang meliputi 31 peserta didik dari kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol, dan 31 peserta didik dari kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pertanyaan bentuk esai pada ujian tertulis digunakan untuk memperoleh data. Karena terdapat satu kumpulan data yang distribusinya tidak normal dan tidak homogen, digunakan uji hopetetis Independent Sample T-Test dan uji statistik nomparametrik Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan SEST (Science, Environment, Technology, dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dengan nilai N-Gain skor kelas eksperimen 59,51, sedangkan nilai N-Gain skor kelas kontrol 33,41; san nilai signifikan uji t 0,000 < 0,05; juga nilai siguji Mann Whitney adalah 0,000 < 0,05.
Tidak tersedia versi lain