Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Discovey Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Hikayat Kelas X SMA Negeri Cibarusah Bekasi.
Rosmalena: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Hikayat Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusa Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) meerupakan perpaduan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu komponen yang terdapat dalam RPP adalah model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji sintak model discovery learning yang dijabarkan dalam langkah pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah Bekasi. Fokus penelitian ini adalah analisi sintak model pembelajaran discovery learning dan subfokus penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa rencana pelaksanaan pembelajaran teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusa Bekasi sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini,, yaitu studi kepustakaan dengan melakukan pengkajian terhadap RPP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah atau sintak model pembelajaran discovery leaning yang terdapat dalam RPP teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusa Bekasi. Dari hasil analisis data, ditemukan sebanyak 28 data kutipan, di antaranya: 4 kutipan sintak model stimulation ( pemberian rangsangan), 4 kutipan sintak model problem statement ( pertanyaan/identifikasi), 4 kutipan sintak model data collection (pengumpulan data), 4 kutipan sintak model data procsseing (pengolahan data), 4 kutipan sintak model generalization (kesimpulan), dan 4 kutipan sintak model penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa langkah-langkah pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks hikayat kelas X SMA Negeri 1 Cibarusa secara keseluruhan memiliki kesesuaian dengan sintak model discovery learning. Dengan demikian, penelitian ini layak untuk dijadikan acuan dalam menyusun RPP di sekolah dan bermanfaat bagi peneliti, guru, dan sekolah.
Tidak tersedia versi lain