Skripsi Indonesia
Pengembangan Bahan Ajar Modul Pop Up Book Pada Materi Teks Prosedur Kelas VII di SMP Al Falah Tlajung Udik Gunung Putri Kabupaten Bogor.
RESTU KURNIA. 032119068. Pengembangan Bahan Ajar Modul Pop Up Book
Pada Materi Teks Prosedur Kelas VII di SMP Al-Falah Tlajung Udik Gunung
Putri Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan
Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pop up book pada
materi teks prosedur kelas VII di SMP Al-Falah Tlajung Udik Gunung Putri Kabupaten
Bogor dan untuk mengetahui kelayakan dari para validator, guru, dan peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development (R&D) dengan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang
dilaksanakan pada bulan November 2022 sampai dengan November 2023. Penelitian
ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII di SMP Al-Falah Tlajung Udik Gunung
Putri Kabupaten Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar modul
pop up book sudah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli
media diperoleh nilai 93,7%, validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 100%, validasi
ahli materi diperoleh nilai sebesar 97,8%. Sedangkan data hasil respons peserta didik
diperoleh dengan nilai rata-rata 89,8% dan respons guru sebesar 95%. Berdasarkan hasil
analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul pop up book sangat layak
untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi teks prosedur.
Kata kunci: Bahan Ajar, Pop Up Book, Reseach and Development
Tidak tersedia versi lain