Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan metode Discovery Learning terhadap Perubahan Sikap Siswa pada Lingkungan Sekitar Sekolah ; (metode eksperimen kuasi pada mata pelajaran ipa materi perubahan alam akibat aktivitas manusia pada siswa kelas IV sekolah dasar negri pakuan kota bogor semester gasal tahun ajaran 2015/2016)
Indriyani 037111293. Pengaruh Penerapan Metode discovery learning terhadap perubahan sikap siswa terhadap lingkungan sekolah, skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. universitas 2015. penelitian ini adalah penelitian kuantitas ekseprimen kuasi , bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh perubahan sikap siswa terhadap lingkungan sekolah mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pemanfasatan sumberdaya tanpa pelestarian melalui metode pembelajaran discovery learning ( kelas ekperimen). dan metode pembelajaran konvensional (kelas kontrol). penelitian ini dilaksanaakan di sdn pakuan kacamatan bogor timur kota bogor. penelitian ini di laksanaakan di kelas IVA,dan IVB, pada bulan oktober, semester genap tahun ajaran 2015/2016, Instrumen yang digunalkanberupa pilihan ganda (PG) sebanyak 27 soal yang valid dengan kofesiebnsi realibilitas yang di peroleh sebesar 0,92 serta angket yangdigunakan untuk mengukur perubahan sikap siswa yang telah dilakukan judgment oleh tim ahli sebanyak 40 butir pernyataan. penilaian dilakukan dengan menggunakan skala likert. teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisisi yang meliputi uji normalitas, uji homogenita, kemudian dilakukan uji hipotesis denggan menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukan bahawa nilai perhitungan n-gainpada kelas ekperimen 1 lebih besar dari kelas kontrol. hasil uji t pada traf signifikan a/2 = 0,05/2 = 0,025 diperoleh karena thitung (4,08) dan tabel (1,99656), sehingga diperoleh nilai thitung (to) . ttabel. berdasar ken penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan sikap siswa pada materi pemanfaatan sumber daya alam tanpa adanya usaha pelestarian di kelas yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning lebih baik.. hal tersebut berdasarkan atas pengujian nilai rata rata n-gian sebesar 69,44 yang berati lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajarana konvensional rata rata n-gian sebesar 66,25.
Tidak tersedia versi lain