Text
Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswaa pada mata pelajaran matematika studi korelasional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 1 kecamatan Bogor Utara Tahun Pelajaran 2013/2014
Eka Yuniarti. 037110238. Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2014. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif asosiatif dengan jenis studi korelasional yang terdiri dari minat belajar sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Bantarjati 1 kecamatan bogor utara kota bogor yang terdiri dari 40 smapel responden. Pengujian prasyarat analisisi berupa uji normalitas dengan uji Liliefors untuk variabel minat belajar dengan prestasi belajar siswa menunnjukan bahwa Lhitung< Ltabel atau 0,1231 < 0,1386 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas menggunakan uji Barllet menunnjukkan bahwa x2hitung= 22, 470 Ftabel (a=0,05) atau 11,84>4,18 yang menyatakan signifikan. Kekuatan hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan koefisien korelasi rxy = 0,966 dengan koefisien determinasi (KD) = 0,93 menunjukkan bahwa 93% prestasi belajar siswa dapat dihasilkan dari minat belajar siswa yang baik. Dilihat dari hasil perhitungan semua data H0 ditolak, tidak terdapat hubungan, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, terdapat hubungan positif anatra minat belajar dengan prestasi belajar siswa, yang menyatakan bahwa semakin baik dan tinggo minat belajar siswa maka prestasi belajar siswa alan semakin meningkat
Tidak tersedia versi lain