Skripsi PGSD
Perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dan group investagition
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf-eksperimen. Penelitian ini bertujian untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran student facilitator and explaning dan group investigation pada materi protista dan jamur (Fungi).penelitian ini di laksanakan pada bulan april - november 2018. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 3 di SMA Negri 1 ciampea tahun akademik 2018/2019. teknik menggunakan sempel menggunakan sampling prupositive. sempel kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 1 yang yang di berikan perlakuan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan jumlah 30 siswa. dan Xi Mia 3 yang diberikan model pembelajaran group investigation dengan jumlah 30 siswa . berdasarkan uji t pada tarif signifikan a = 0.05 pada ranah kognitif di peroleh thitung 5,79 sedangkan Ttabel sebesar = 0,99 sehingga di peroleh nilai t hitung . t tabel. dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dalam hipotesis alternatif (Ha) diterima. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran student facilitator and explaning dan group ivestigation. hasil belajar biologi kelpmpok grup investigation lebih baik di bandingkan dengan kelompok kelas student facilitator and expaling , hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata rata aspek kognitif dari maing masing model pembelajaran
Tidak tersedia versi lain