Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Pembelajaran Teks Negosiasi Di Smkf Bhakti Kencana Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod dalam pembelajaran teks negosiasi bagi peserta didik kelas X- Intramusclar SMKF Bhakti Kencana Bogor. Latar Belakang Penelitian ini di dasari pada kebutuhan media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisifasi aktif dan pemahaman peserta didik terhadap materi secara interaktif dan menarik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&d) dengan model pengembanagan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). pada tahap pendefisian dilakukan analisis kurikulum, peserta didik, dan materi ajar. Tahap perancangan menghasilkan desain media yang sesuai dengan kebutuhan, sementara tahap pengembangan mencakup validasi ahli dan uji coba lapangan. Hasil validasi menunjukan media sangat layak dengan persentase dari ahli materi sebesar 90%, dan respon peserta didik 89,9% menunjukan bahwa media sangatefektif digunakan. hasil belajar peserta didik meningkat dari nilai rata-rata pratest 67 menjadi 93 pada posttest, dengan nilai N-Gain sebesar 80% yang termasuk kategori tinggi. Media board, dan pertanyaan terbuka yang mampu meningkatkan keterlibatan serta pembelajaran berbasis Nearpod layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks negosiasi dan direkomedasikan untuk implementasi lebih luas pada satuan pendidikan sejenis.
Tidak tersedia versi lain