Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika : penelitian kuantitatif melalui pendekatan studi kuasi pada kelas IV SDN Leuwinutug 05 Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2022/2023
Rimamawati 037116206. Pengaruh Penerapan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learing. Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar., Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Pakuan. Bogor. 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penggunaan model problem based learning. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah dasar Negeri Leuwinutug 05 kabupaten bogor yang berjumlah 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini juga 64 Siswa yang diperoleh menggunakan instrumen soal untuk kedua variablel. Tehnik pengujian prasyarat analisis berupa normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data Yang dinyatakan normal dengan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan adanya pengaruh penerapan hasil belajar hipotesis yang hasilnya menunjukan adanya pengaruh penerapan hasil belajar matematika melalui penggunaan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata N-Gain kelompok model problem based Learning sebesar 55,0 atau ketuntasan belajar sebesar 80% lebih besar dari pada nilai rata-rata N-Gain kelompok didapatkan diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,6 > 1,99773, hal ini menunjukan adanya penerapan hasil belajar yang berbeda pada pembelajaran matematika peserta didik pada kelompok kelas model problem based learning yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada pembelajaran matematika peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan hasil belajar matematika melalui penggunaan model problem based learning di kelas IV sekolah dasar negeri leuwinutug 5 Kabupaten bogor tahun ajaran 2022/2023
Tidak tersedia versi lain