Skripsi PGSD
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu As-Salaam Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Luthfiyyah Salsabila. 037121103. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif
Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Kekayaan Budaya
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan
ajar interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 untuk dikembangkan
kepada peserta didik kelas IV SDIT As-salaam serta untuk mengetahui
kelayakan dan keefektivitasan bahan ajar interaktif menggunakan Articulate
Storyline 3 terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan
model penelitian yaitu metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi
kepada para ahli, yaitu ahli media, ahli Bahasa, dan ahli materi 1 dan 2. Hasil
validasi oleh ahli media mendapatkan 100% dengan kriteria sangat layak,
oleh ahli bahasa mendapat 92% dengan kategori sangat layak, oleh ahli
materi 1 mendapat 90% dengan kategori sangat layak dan oleh ahli materi
2 mendapatkan 98% dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon
peserta didik mendapat 94% dengan kriteria sangat layak, dan nilai rata rata
N-Gain hasil belajar yaitu 0,77 dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tersebut
menunjukan bahwa Bahan Ajar interaktif menggunakan Articulate Storyline
3 sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan sangat efektif
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Articulate Storyline 3, Bahan Ajar Interaktif, Kekayaan Budaya
Indonesia
Tidak tersedia versi lain