Skripsi Indonesia
Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Flippingbook pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi.
Irsyani Aulia. 032121004. Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan
FlippingBook pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1
Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor.
Di bawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Eri Sarimanah, M.Pd. dan Stella Talitha,
M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar dalam pembelajaran
teks laporan hasil observasi di kelas X SMAN 1 Pelabuhanratu yang
menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami struktur dan
kaidah kebahasaan teks. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan
ajar digital berupa e-modul teks laporan hasil observasi menggunakan
FlippingBook yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket
analisis kebutuhan, validasi ahli, serta respons guru dan peserta didik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sangat
layak digunakan berdasarkan hasil validasi isi, kebahasaan, dan penyajian dengan
skor di atas 81% pada setiap aspek, serta respons positif dari pengguna. Produk
bahan ajar ini memiliki keunggulan berupa akses fleksibel, tampilan yang
menarik, serta materi yang disajikan secara interaktif dan sistematis. Produk ini
memiliki keunggulan berupa akses fleksibel, tampilan menarik, dan penyajian
materi yang interaktif serta sistematis. E-modul juga mendukung pembelajaran
mandiri dan meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
Perhitungan N-Gain menunjukkan rata-rata nilai di atas 0,7 yang termasuk
kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa e-modul FlippingBook efektif dalam
meningkatkan pemahaman dan kompetensi peserta didik. Hasil respons guru
memperoleh skor 98%, sedangkan respons peserta didik mencapai skor 93% dari
30 responden. Dengan demikian, bahan ajar digital ini dinyatakan layak dan
efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks laporan
hasil observasi.
Kata kunci: bahan ajar, e-modul, FlippingBook, dan teks laporan hasil
observasi.
Tidak tersedia versi lain