Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Gaya Bahasa dalam Iklan Komersial di Youtube dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Gaya Bahasa dalam Iklan Komersial di Youtube dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Mulyadi, Cindy Awalianisya/032121005 - Nama Orang;

Cindy Awalianisya Mulyadi. 032121005. Gaya Bahasa Dalam Iklan
Komersial di YouTube dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah
bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa pada iklan
komersial yang ditayangkan dalam kanal YouTube Kok Bisa dan Ruangguru
edisi Maret 2025 serta mengetahui implikasi terhadap pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata sehingga
tidak menekankan pada angka. Data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa kata, frasa atau kalimat dalam iklan komersial yang mengandung gaya
bahasa metafora, antitesis, metonimia, dan repetisi yang kemudian dianalisis
dan dideskripsikan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini teknik simak
dan teknik catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan
sebanyak 120 data penggunaan gaya bahasa dalam iklan komersial. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa metonimia merupakan gaya
bahasa yang paling banyak digunakan dalam iklan komersial pada kanal
YouTube Kok Bisa dan Ruangguru edisi Maret 2025. Hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat
SMP, khususnya pada aspek kebahasaan dalam materi teks iklan, karena
sejalan dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang mendorong penyajian
pembelajaran berbasis multimodal untuk mengembangkan kompetensi literasi
siswa secara lebih kontekstual dan interaktif.
Kata Kunci: gaya bahasa, iklan komersial, YouTube


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 10 AWA
2025SI0010.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
10 AWA
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2025
Deskripsi Fisik
xiii, 305 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
10 AWA g 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Gaya Bahasa
Iklan Komersial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rina Rosdiana, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?