Skripsi PGSD
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa : Penelitain Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif pada Peserta Didik Kelas V SDN Kalimulya 5 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Shofa Nadya. 037121075. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa. Penelitian Kualitatif dengan
pendekatan Deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2025. Penelitian ini mendeskripsikan tentang Implementasi Nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Solidaritas Siswa,
subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa yang belum mampu
menanamkan nilai-nilai seperti tolong-menolong, toleransi, kerja sama, dan
tanggung jawab di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 5 Kota Depok.
Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2024-2025. RAP, MR, MA dan DA sebagai subjek penelitian. Hasil dari
penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara dengan subjek,
wali kelas, guru agama dan orang tua menunjukkan bahwa sebagian besar
siswa belum menunjukkan perkembangan positif dalam penerapan nilai-
nilai keagamaan yang membentuk sikap solidaritas, masih terdapat
tantangan berupa individualisme dan rendahnya kepedulian sosial pada
sebagian siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi tersebut
meliputi peran guru, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar serta budaya
sekolah yang religius. Penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara
pembelajaran agama, keteladanan guru, dan keterlibatan orang tua dalam
menumbuhkan sikap solidaritas sejak usia dini.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Solidaritas.
Tidak tersedia versi lain