Skripsi PGSD
Pengembangan E-Booklet Menggunakan Aplikasi Heyzine untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Hak dan Kewajiban : Pendekatan Research and Develompent (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bantarkemang 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Rahayu Pratiwi Hegar Manah. 037121042. Pengembangan E-Booklet
Menggunakan Aplikasi Heyzine Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada
Materi Hak dan Kewajiban. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan e-booklet guna meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas IV pada materi Hak dan Kewajiban di SDN Bantarkemang 2,
mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, serta menguji
efektivitas penggunaannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian berjumlah 27 peserta
didik kelas IV SDN Bantarkemang 2 Kota Bogor pada semester genap
tahun pelajaran 2024/2025. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli
materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-
booklet memperoleh persentase kelayakan sebesar 97,1% dari ahli materi,
93,8% dari ahli bahasa, dan 98,6% dari ahli media, sehingga secara
keseluruhan dikategorikan “Sangat Layak”. Uji efektivitas dilakukan
melalui pemberian pre-test dan post-test yang menunjukkan adanya
peningkatan rata-rata skor dari 81,11 menjadi 97,40, dengan nilai N-Gain
sebesar 0,90 yang termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, angket
respon siswa menunjukkan rata-rata sebesar 93% dan guru memberikan
penilaian sempurna sebesar 100%. Berdasarkan seluruh tahapan
pengembangan, dapat disimpulkan bahwa e-booklet menggunakan
aplikasi Heyzine sangat layak, efektif, dan sesuai digunakan sebagai
media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
materi Hak dan Kewajiban di sekolah dasar.
Kata Kunci: E-Booklet Heyzine, Hasil Belajar, Hak dan Kewajiban
Tidak tersedia versi lain