Skripsi PGSD
Pengembangan E-Modul Menggunakan Website Genially pada Materi Bertukar atau Membayar : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Tonjong 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Putri Wihelmi Az Zahra. 037121025. Pengembangan E-Modul
Menggunakan Website Genially pada Materi Bertukar atau Membayar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan
efektivitas e-modul menggunakan website genially terhadap proses
pembelajaran kelas IV di SDN Tonjong 03 pada semester genap, tahun
ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan Research and
Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Uji validasi dilakukan pada ahli
media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengembangkan dan
menyempurnakan e-modul menggunakan website genially untuk peserta
didik. Lembar angket respon peserta didik, soal pretest dan soal posttest
disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan
efektivitas e-modul menggunakan website genially pada pembelajaran.
Hasil uji validasi menunjukkan bahwa ahli media sebesar 98,6% dengan
kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria sangat
layak, ahli materi dosen sebesar 97,3% dengan kriteria sangat layak, dan
ahli materi guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata
angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan
nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut
menunjukkan menunjukkan bahwa pengembangan e-modul menggunakan
website genially sangat layak dan menunjukkan adanya peningkatan dalam
proses pembelajaran.
Kata Kunci: ADDIE, E-Modul, Genially, Sekolah Dasar
Tidak tersedia versi lain