Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Game Edukasi
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengembangan Game Edukasi "Educaplay" Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Peran dan Tugasku di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat : Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bantarkemang 6 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.

Amalia, Hasna Fitra/037121072 - Nama Orang;

Hasna Fitra Amalia. 037121072. Pengembangan Game Edukasi
“Educaplay” Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peran dan Tugasku di
Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menghasilkan produk game edukasi ”Educaplay” di kelas IV
SDN Bantarkemang 6 Bogor dengan jumlah 23 peserta didik. Penelitian ini
dimulai dengan tahap analisis, meliputi observasi dan Selanjutnya, game
edukasi dirancang dan dikembangkan berdasarkan tampilan dan isi yang
dibuat, kemudian melewati uji validasi ahli. Tahap selanjutnya, dilakukan
dengan uji coba game edukasi pada peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan sangat layak untuk
digunakan dalam pembelajaran di kelas dengan persentase kelayakan 96%
serta persentase respon dari 23 peserta didik setelah menggunakan game
edukasi ”Educaplay" sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa game edukasi ”Educaplay” berbasis kearifan lokal pada
materi peran dan tugasku di lingkungan sekolah dan masyarakat pada
penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan untuk meningkatkan
motivasi dan pemahaman materi peserta didik.
Kata kunci : Educaplay, Game edukasi, Kearifan lokal, Pengembangan
Research and Development


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 46 FIT
2025SPGSD0046.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
46 FIT
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2025
Deskripsi Fisik
xvi, 151 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
46 FIT p 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kearifan Lokal
Game Edukasi
Educaplay
Pengembangan Research and Development
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Rita Istiana, M.Pd. dan Resyi A. Gani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?