Skripsi PGSD
Pengembangan Game Edukasi "Educaplay" Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Peran dan Tugasku di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat : Pendekatan Penelitian Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bantarkemang 6 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Hasna Fitra Amalia. 037121072. Pengembangan Game Edukasi
“Educaplay” Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Peran dan Tugasku di
Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menghasilkan produk game edukasi ”Educaplay” di kelas IV
SDN Bantarkemang 6 Bogor dengan jumlah 23 peserta didik. Penelitian ini
dimulai dengan tahap analisis, meliputi observasi dan Selanjutnya, game
edukasi dirancang dan dikembangkan berdasarkan tampilan dan isi yang
dibuat, kemudian melewati uji validasi ahli. Tahap selanjutnya, dilakukan
dengan uji coba game edukasi pada peserta didik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan sangat layak untuk
digunakan dalam pembelajaran di kelas dengan persentase kelayakan 96%
serta persentase respon dari 23 peserta didik setelah menggunakan game
edukasi ”Educaplay" sebesar 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa game edukasi ”Educaplay” berbasis kearifan lokal pada
materi peran dan tugasku di lingkungan sekolah dan masyarakat pada
penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan untuk meningkatkan
motivasi dan pemahaman materi peserta didik.
Kata kunci : Educaplay, Game edukasi, Kearifan lokal, Pengembangan
Research and Development
Tidak tersedia versi lain