Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika : Pendekatan Penelitian Eksperimen Card Negara Margajaya 4 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Yasmin Maulidasari,037121027. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media question card menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini ialah peserta didik kelas VI SD Negeri Margajaya 4 dengan jumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan hasil belajar menggunakan pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan dengan uji N-Gain, Uji Normalitas, dan Uji Homogenitas sebagai uji persyaratan sebelum melakukan uji Hipotesis (Uji-t). Diperoleh skor rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 59. Kemudian Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh tthitung (3,32929) > ttabel (2,01290) untuk signifikan 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh Problem Based Learning berbantuan media question card terhadap hasil belajar matematika.
Tidak tersedia versi lain