Skripsi PGSD
Pengembangan Soal Tes Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Wordwall pada Materi Keragaman Bahasa Daerah di Indonesia : Pendekatan Research and Development (R&D) pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cijujung 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Nur Najmi Hashifah 037121026. Pengembangan Soal Tes Evaluasi
Menggunakan Wordwall Pada Materi Keragaman Bahasa Daerah
Di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research
and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan
dan menguji keefektivitasan dari produk tersebut. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Cijujung 01 pada kelas IV-B yang berjumlah
32 peserta didik dengan tahun pembelajaran pada semester genap
2024/2025. Penelitian ini melakukan analisis kebutuhan dengan
membuat lembar intrumen observasi, wawancara, penilaian angket
dari ahli media, ahli bahasa, ahli materi oleh dosen, ahli materi oleh
guru kelas, angket respon guru dan angket respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal tes evaluasi
pembelajaran menggunakan wordwall di kelas IV-B SDN Cijujung
01 berdasarkan rata-rata penilaian validasi ahli media memperoleh
100%, ahli bahasa memperoleh 96%, ahli materi oleh dosen
memperoleh 94% dan ahli materi oleh guru memperoleh 97% yang
termasuk pada kategori “sangat layak”. Hasil angket respon peserta
didik memperoleh 94% dengan kategori “sangat baik” dan nilai skor
rata-rata N-Gain memperoleh 0,66 dengan kategori sedang.
Berdasarkan hasil di atas menunjukkan bahwa soal tes evaluasi
pembelajaran menggunakan wordwall ini dikembangkan agar
pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik sehingga pembelajaran ini sangat layak
digunakan di sekolah.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Keragaman Bahasa Daerah di
Indonesia, Wordwall
Tidak tersedia versi lain