Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Canva pada Pembelajaran Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas VII SMPN 10 Kota Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengembangan mediacanva pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswa SMPN 10 kelas VII
Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeReserch and Development (RnD). dengan menggunakan teknik pengumpulandata respon guru dan respon peserta didik (angket). Responden yang digunakandalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebagai objek. Perumusanmasalah pertama yaitu bagaimana objek media canva pada pembelajaranmenulis teks puisi siswa SMPN 10 kelas VII Kota Bogor dapat teruji
kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data validasi
ahli media 93,33% (sangat layak), di buktikan juga dari validasi ahli materi
dengan 93,33% (sangat layak), dan validasi ahli bahasa dengan nilai 100%(sangat layak). Perumusan masalah kedua bagaimanakah kebutuhan mediacanva pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswa SMPN 10 kelas VII
Kota Bogor. Hasil pengujian media canva pada pembelajaran menulis teks
puisi membutuhkan sebanyak 30 peserta didik dan 1 guru bahasa Indonesia. Kendala yang dialami peserta didik dalam menulis teks puisi yaitu dalampenggunaan metode ceramah yang sering kali tidak mudah dipahami bagi
sebagian siswa. Kendala tesebut dapat teratasi dengan pengujian media canvadengan melakukan pengujian pada guru dan peserta didik. Hasil pengujianrespon guru mata pelajaran bahasa Indonesia 97,14% (sangat layak) dan angket
respon peserta didik 94,07% (sangat layak). Dapat disumpulkan bahwapengembangan media canva pada pembelajaran menulis teks puisi pada siswaSMPN10 kelas VII Kota Bogor dapat digunakan sebagai alternative dalampembelajaran menulis teks puisi, meskipun memerlukan pengembangan padapenelitian berikutnya. Kata Kunci: menulis, teks puisi, media canva
Tidak tersedia versi lain