Skripsi Biologi
Pengembangan E-Biomagazine Materi Sistem Reproduksiu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI.
Elisa Rosiana. 036120015. Pengembangan E-Biomagazine materi sisteem reproduksi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas IX. Skripsi. Universitas pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si dan Dr. Indri Yani, M.Pd. Meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran biologi mimiliki perang yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh setiap guru biologi untuk keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Pemahaman konsep bagi peserta didik dapat memberikan pengalaman belajar yang mampu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam memahami suatu materi yang dapat mengingat konsep-konsep lebih lama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang efektif serta mampu meningkatkan pemahaman konsep peserrta didik dalam memahami materi sistem reproduksi. Dalam penelitian ini, metode yang dihunakan yaitu R&D (Research & Develoopment) dengan model yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evalution). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei tahun 2024. Objek pene;itian ini yaitu peserta didik kelas XI PSP 3 SMAN 1 Cibungbulang dengan jumlah 35 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi ahli media sebesar 90% sedangkan hasil dari validasi ahli materi 96% 2) Pengembangan media pembelajaran E-Biomagazine oleh peserta didik mendapatkan respon yang baik yaitu dengan persentase 85% dan mendapatkan respon yang sangat baik oleh guru yaitu sebesar 95% dengan kriteria dangat tertarik 4) Penggunaan media pembelajaran E-Biomagazine materi sistem reproduksi dalam proses pembelajaran cukup efektif dengan nilai presentase 0,63 kategori sedang.
Kata Kunci ; E-Biomagazine, Pemahaman Konsep, Sistem Reproduksi
Tidak tersedia versi lain