Skripsi PGSD
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay Pada Pembelajaran Ipas Materi Indonesiaku Kaya Alamnya: pendekatan research and development pada peserta didik kelas V di sekolah dasar negeri ciawi 03 kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay pada pembelajaran IPAS Materi Indonesiaku kaya alamnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) di Sekolah dasar negeri ciawi 03 kabupaten bogor. Subyek penelitian peserta didik kelas V sekolah dasar negeri ciawi 03 yang terdiri dari 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Tujuann penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan metode ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation, pada penelitian ini menggunakan uji validasi kepada para ahli yaitu, ahli media, ahli bahasa, ahli materi. Untuk mengunji keefektifan hasil kemampuan kognitif peserta didik mengukur dengan nilai pre-test dan post-test. untuk mengembangkan dan menyempurnakan Evaluasi pembelajaran menggunakan EDUCAPLAY diperlukan respon peserta didik dan Guru. Hasil validasi ileh media 98% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh presentase 96% dengan kriteria sangat layak, ahli materi (Dosen) diperoleh presentase 94% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi (Guru) diperoleh presentase 98% dengan kriteria sangat layak. Hasil pre-test dan post-test pada peserta didik menunjukan bahwa N-Gain skor pada kelas V mencapai 0,89 termasuk kedalam kategori "tinggi" dengan jumlah 25 peserta didik dengan nilai tertinggi pre-test 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata sebesar 67,36. Sedangkan pada nilai N-Gain post-test dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85 memiliki rata-rata sebesar 93,52%. Sehingga kemampuan peserta didik mengalami peningkatan yang efektif setelah menggunakan evaluasi pembelajaran menggunakan Educaplay. Hasil angket respon peserta didik memperoleh hasil presentase 93,52% dengan kriteria sangat layak, serta hasil angket respon guru menunjukan persentase 98% dengan kriteria sangat layak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan Eduacaplay layak dan efektid digunakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar
Tidak tersedia versi lain