Skripsi PGSD
Analisis Interaksi Sosial Anak Autis : Pendekatan Penelitian Kualitatif Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas ll Sekolah Dasar Negeri Semeru 6 Kota Bogor Semester Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025
Sulistya Anugrah. 037121116. " Analisis interaksi sosial anak autis". Skripsi program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas pakuan 2025. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan penelitian kualitatif. penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas ll SDN Semeru 6 kota bogor, semester genap bulan mei tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. fokus utama penelitian ini mencakup pola interaksi sosial anak autis di lingkungan sekolah, faktor-faktor yang memengaruhi interkasi tersebut, serta strategi mengatasi hambatan interaksi sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek sering menyendiri, meskipun menunjukan ketertarikan untuk berinteraksi dengan teman sebaya secara terbatas. subjek mampu merespon ketika namanya dipanggil dan cenderung sensitif terhadap suara keras. Pola komunikasi yang ditunjukan masih bersifat kaku dan formal. strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak mencakup pembiasaan komunikasi verbal dan pendekatan bermain bersama teman sebaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan lingkungan sekitar teruama guru, orang tua dan teman sebaya, berperan penting dalam mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak autis
Tidak tersedia versi lain