Skripsi PGSD
Perbedaan Media Proyeksi Heyzine dan Non Proyeksi Pop up Book Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial: pendekatan penelitian komperatif pada peserta didik kelas V A dan V B sekolah dasar negeri curug raya kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh penting untuk meningkatkan hasil belajar serta pemahaman peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan media proyeksi heyzine dan non proyeksi pop up book terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment disekolah Dasar negeri curug raya. Subjek dua kelompok penelitian yaitu peserta didik kelas V A dan V B sebanyak 57 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan instrumen soal yang diberikan sebelum dan sesudah implementasi pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis normal gaim (N-Gain) untuk melihat peningkatan hasil belajar pada masing-masing kelas. Rata-rata N-Gain kedua kelas sama sebesar yaitu 77. Pengujian hipotesis menyatakan bahwa Ho diterima karena tHitung (0) < t tabel (2,004), dapat disimpulkan bahwa penggunaan media proyeksi heyzine dan no heyzine pop up book tidak memiliki perbedaan signifikan terhadap hasil belajar sehingga tidak meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial peserta didik. meskipun demikian, terdapat perbedaan pada nilai terendah n-gain yang mana kelas ekperiment 2 menggunakan pop up book lebih besar dari kelas eksperiment 1 menggunakan heyzine
Tidak tersedia versi lain