Text
Pengambangan Bahasa Ajar E-Modul Menggunakan Flipbook pada Materi Teks Berita Kelas VII SMP Muhammadiyah Cipanas
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan mendorong pentingnya inovasi bahan yang ajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan bahan ajar digital berupa e-modul menggunakan flipbook pada materi teks berita untuk peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Cipanas. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan bahan ajar yang mampu mendukung pembelajaran mandiri dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah Research snd development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap : analisis, desain, pengembvangan, implementasi, dan evaluasi. subjek uji coba terbatas melibatkan 24 peserta didik. Instrumrn yang digunakan meliputi lembar validasi ahli. prestest dan posttest, sertas angkat respon guru dan peserta didik. hasil akumulasi validasi menunjukan skor ahli materi sebesar 97% ahli bahasa 85% dan ahli media 92,5%, seluruhnmyas berada dalam kategori sangat layak . uji efektivitas menunjukukan nilai N - Gain sebesar 0,8 (kategori tinggi) dengan peningkatan skor sebesar 87,7%. respon peserta didik sebesar 88% dan guru sebesar 95% menunjukan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran. kelebihan dari penelitian ini terletak pada tampilan visual e- modul yang menarik, fitur interaktif dalam flipbook, serta ases yang fleksibel, sehingga mendukung pembelajaran yang mandiri dan bermakna. Dengan dimikian, e-modul menggunakan flipbook ini dinyatakan layak, efektife, dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa indonesia
Tidak tersedia versi lain