Skripsi Indonesia
Analisis Prinsip Kerja Sama Dalam Debat Osis Sma Negeri 10 Purworejo dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan prinsip kerja sama berupa maksim kuantitas, kualitas, dan relevansi dan cara serta implikasi hasil analisis pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber yang digunakan dalam penelitian ini berupa percakapan dalam video debat calon ketua dan wakil ketua OSIS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi antar-peneliti. Dari hasil penelitian ditemukan prinsip kerja sama sebanyak 49 data. Maksim kuantitas digunakan untuk memberikan jawaban yang dibutuhkan. Sedangkan maksim kualitas, digunakan untuk memberikan jawanban yang sesuai. Selanjutnya maksim cara digunakan untuk memberikan jawaban yang jelas. Simpulan penelitian ini ditemukan sebanyak 23 data. Sedangkan data yang paling sedikit muncul adalah maksim kualitas, ditemukan hanya satu data. Maksim kuantitas ditemukan sebanyak 20 data dan maksim cara ditemukan sebanyak 5 data. Hasil penelitian ini digunakan sebagai pengayaan bahan ajar pada materi teks argumentasi kleas XI dan memberikan dampak positif bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Tidak tersedia versi lain