Text
Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbulder Pada kelas V Materi Perubahan Lingkungan : Pendekatan Research and Development pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negri Kota Batu 06 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025.
Ridha Yuniar Azhari. 037121063 Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan, menilai kelayakan serta menguji efektifitas Media E-
Modul Menggunakan Flipbuilder Pada Kelas V Materi Perubahan
Lingkungan, terhadap peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Batu
06. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang
mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh 6
validator yaitu ahli media, bahasa, dan materi, kemudian diuji coba pada
kelas V untuk mengevaluasi respon mereka. Hasil penelitian ini
menunjukkan respon peserta didik terhadap media e-modul ini sangat
positif, dengan presentase penilaian 83,55% dan guru menunjukkan respon
peserta didik terhadap media e-modul ini sangat positif, dengan presentase
penilaian 98% dari ahlli media ke 1 90% dan dari ahli media ke 2 88%, dari
ahli bahasa ke 1 90% dan ahli bahasa ke 2 98%, dari ahli dosen materi 95%
dan ahli matei guru 97%. Hal ini menunjukkan bahwa media e-modul
menggunaka flipbuilder untuk media ajar pada materi seperti perubahan
lingkungan yang telah dikembangkan telah efektif dan sangat layak
digunakan serta efektivitas dengan rata-rata skor N-Gain 0,76 dikatakan
tinggi serta dapat digunakan didalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini
diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran dan dapat
meningkatkan kualitas dalam media e-modul di sekolah.
Kata Kunci: e-modul, flipbuilder, perubahan lingkungan
Tidak tersedia versi lain