Skripsi Indonesia
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas.
Mimadiwa Mangenggarati. 032120039. penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks
Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi
TikTok dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X
SMA Negeri 1 Ciomas, serta mengetahui kendala dalam menulis teks anekdot
siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan
teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dibagi menjadi dua yaitu prates dan
pascates. Teknik nontes yaitu angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk
mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA
Negeri 1 Ciomas, melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok,
sedangkan teknik nontes yaitu angket digunakan untuk mengetahui kendala yang
dialami siswa saat menulis teks anekdot menggunakan media pembelajaran
berbasis aplikasi TikTok. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 11 kelas yang
berjumlah 394 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yaitu kelas X-6
berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-10 berjumlah 35 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random
Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan media
pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis
teks anekdot siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas
eksperimen yaitu 52,21 pada saat prates meningkat menjadi 70,42 pada saat
pascates. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata prates yaitu 47,64 dan nilai pascates
kelas kontrol yaitu 60,5. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan
menggunakan t-tes, diperoleh thitung = 2,79 dan hasil d.b = 68. Nilai d.b = 68 di dalam
ttabel taraf signifikan 1% yaitu 2,38 dan ttabel taraf signifikan 5% yaitu 1,66. Dengan
demikian, thitung lebih besar daripada ttabel karena nilai ttabel< thitung yaitu
2,381,66. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil
pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan
bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, 66% siswa mengalami kendala ketika
memilih kalimat efektif, 63% siswa mengalami kendala ketika menulis kata yang
tepat, dan 49% siswa mengalami kendala dalam memahami isi video TikTok yang
diberikan. Dengan demikian, media TikTok dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks anekdot meskipun siswa masih mengalami kendala.
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks anekdot, aplikasi TikTok
Tidak tersedia versi lain