Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 1 Ciomas.

Mangenggarati, Mimadiwa/032120039 - Nama Orang;

Mimadiwa Mangenggarati. 032120039. penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks
Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi
TikTok dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X
SMA Negeri 1 Ciomas, serta mengetahui kendala dalam menulis teks anekdot
siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan
teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dibagi menjadi dua yaitu prates dan
pascates. Teknik nontes yaitu angket dan observasi. Teknik tes digunakan untuk
mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA
Negeri 1 Ciomas, melalui penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok,
sedangkan teknik nontes yaitu angket digunakan untuk mengetahui kendala yang
dialami siswa saat menulis teks anekdot menggunakan media pembelajaran
berbasis aplikasi TikTok. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 11 kelas yang
berjumlah 394 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yaitu kelas X-6
berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-10 berjumlah 35 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random
Sampling. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, penerapan media
pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat meningkatkan keterampilan menulis
teks anekdot siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas
eksperimen yaitu 52,21 pada saat prates meningkat menjadi 70,42 pada saat
pascates. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata prates yaitu 47,64 dan nilai pascates
kelas kontrol yaitu 60,5. Berdasarkan hasil perbandingan mean dengan
menggunakan t-tes, diperoleh thitung = 2,79 dan hasil d.b = 68. Nilai d.b = 68 di dalam
ttabel taraf signifikan 1% yaitu 2,38 dan ttabel taraf signifikan 5% yaitu 1,66. Dengan
demikian, thitung lebih besar daripada ttabel karena nilai ttabel< thitung yaitu
2,381,66. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan antara hasil
pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan
bahwa siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciomas, 66% siswa mengalami kendala ketika
memilih kalimat efektif, 63% siswa mengalami kendala ketika menulis kata yang
tepat, dan 49% siswa mengalami kendala dalam memahami isi video TikTok yang
diberikan. Dengan demikian, media TikTok dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks anekdot meskipun siswa masih mengalami kendala.
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks anekdot, aplikasi TikTok


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 21 MAN
2024SI0021.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
21 MAN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2024
Deskripsi Fisik
xiv, 138 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
21 MAN p 2024
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teks Anekdot
Keterampilan Menulis
Aplikasi Tiktok
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Suhendra, M.Pd. dan Ruyatul Hilal, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?