Skripsi PGSD
Pengembangan Medis Pembelajaran Pop Up Book Berbantuan Qr Code Materi Tradisi dan Budaya Masyarakat di Sekitarku; Pendekatan Research and Development Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Situpete Kota Bogor Tahun Pelajaran 2024/2025
Nur Futri Sidh Ahtun, 037121133 Pop pop up book merupakan
jenis buku tiga dimensi yang menunjukkan elemen-elemen kertas yang
dapat bergerak, tegak, atau muncul saat halaman dibuka. Namun di SDN
Situpete Kota Bogor, belum bervariatif. Oleh karena itu, di dalam proses
pembelajaran diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran
berbantuan Qr Code agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan
bervariatif. Penelitian ditunjukan untuk mengembangkan serta mencari
tahu kelayakan Media Pop Up Book Berbantuan Qr Code Materi Tradisi
Dan Budaya Masyarakat Di Sekitarku. Penelitian ini merupakan penelitian
Research and Development (R&D) dengan metode penelitian ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar instrument
yang berupa angket. Uji produk dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa,
ahli materi dosen dan ahli materi guru. Hasil penilaian dari ahli media
100%, ahli bahasa 100%, ahli mteri dosen 98,3%, dan ahli materi guru
96,6% yang artinya sangat layak untuk di implementasikan. serta
berdasarkan uji coba terbatas yang dilakukan kepada peserta didik kelas
IV A sebanyak 25 orang memperoleh nilai persentase sebesar 97,0%
yang artinya pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book
Berbantuan Qr Code Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat Di Sekitarku
sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat
meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book Berbantuan Qr Code,
Motivasi Belajar, Efektif dan Efektifitas
Tidak tersedia versi lain