Skripsi PGSD
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Assemblr Adu Pada Materi Bangun Ruang : Pendekatan Penelitian Research And Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas V SDN Ciheleut 02 Kota Bogor, Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025.
Cindy Condolisa Bonita 037121136. “Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Assemblr Edu pada Materi Bangun Ruang” peserta didik kelas V
di SD Negeri Ciheleut 02 Bogor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
media pembelajaran matematika yang belum menggunakan berbasis
teknologi dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui
keefektifan media pembelajaran Assemblr Edu khususnya pada materi
bangun ruang. Menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation). Validasi media pembelajaran dilakukan oleh empat ahli,
yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi dosen, dan ahli materi guru.
Terdapat rata-rata hasil validasi media sebesar 90%, validasi bahasa
sebesar 92,7%, validasi materi oleh dosen sebesar 96,6%, dan validasi
materi oleh guru sebesar 88% dengan rata-rata hasil keseluruhan sebesar
91,8% berkriteria sangat layak. Terdapat nilai N-Gain dengan rata-rata skor
0,83 berkriteria tinggi. Terdapat hasil respon angket peserta didik dengan
rata-rata 90,8% berkriteria sangat baik dan respon angket guru sebesar
88,3% berkriteria sangat baik. Hasil dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran menggunakan platform Assemblr Edu sangat layak dan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada
materi bangun ruang matematika.
Kata Kunci : Assemblr Edu, Augmented Reality, Bangun Ruang,
Matematika
Tidak tersedia versi lain