Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Berasis Pop Up- Book Pada Materi Teks Eksplainasi Kelas VII SMP Negeri Cibinong
Aryo Prasetio. 032119048. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up book Pada Materi Teks Eksplanasi Kelas VII SMP Negeri 3 Cibinong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Rot Efendi, M.Pd.
Media pembelajaran merupakan suatu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru kepada peserta didik untuk mempermudah dalam menyampaikan materi atau informasi ketika proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 3 Cibinong masih konvensional, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang interakrif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis pop-up book pada materi Teks Eksplanasi kelas VII di SMP Negeri 3 Cibinong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dessimination (Penyebaran).
Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi ahli media, materi pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil dan penelitian ini Menunjukan, yaitu: 1) kevalidan produk dapat dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli media mendapatkan persentase 98,75%, ahli materi mendapatkan presentase 90,90% , dan ahli pembelajaran mendapatkan persentase 85,00%, dalam kriteria valid, 2) kepratiskan produk dilihat dari hasil respon peserta didik meliputi uji coba perorangan mendaoatkan persentase 86,36% dengan kriteria dangat efektif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran respon pengguna (siswa) menilai media pop-up book mata pelajar Bahasa Indonesia pada materi Teks Eksplanasi adalah baik bila digunakan sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Tidak tersedia versi lain