Skripsi Biologi
Pengemabngan E-Module Berbasis Case Based Learning (CBL) Pada Materi Pwarisan Sifat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik
Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis pada abad 21 sangat penting untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan menentukan kesimpulan yang tepat terhadap fenomena. Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu bekal peserta didik dalam menghadapi tantangan saat ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-module berbasis CBL pada materi pewarisan sifat yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dan menganlisis respons peserta didik dan guru terhadap penggunaan e-module ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-9 Smp Negeri 4 Cibinong sebanyak 34 orang. Pelaksanaan uji coba menggunakan desain one grup pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1 ) hasil validasi media akhir 94,67%, uji validasi bahasa 100%, uji validasi materi 87%, validasi instrumen soal pretest-posttest 95,71 dengan indeks aiken sebesar 0,95; 2) E-module yang dikembangkan meningkatkan kemampiam berpikir kritis sebesar 31,12%; 3 ) penggunaan E-module mendapat respons yang baik dalam proses pembelajaran oeserta didik dengan persentase 79,97% dengan kategori baik; 4) penggunaan e-module efektif membantu guru dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan hasil respons guru sebesar 89,71% E-module efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi pawarisan sifat dengan nilai sebesar0,58 kategori sedang, Berdasarkan temuan tersebut e-,odule berbasol CBL layak digunakan dalam pembelajaran dalam pembelajaran IPA
Tidak tersedia versi lain