Skripsi PGSD
Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi Renderforest pada Materi Sikapku Terhadap Keberagaman Budaya: pendekatan research and development (R&D) pada peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri wanaherang 02 kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2024/2025
Aina Mutmaina. 037121082. Pengembangan video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi renderforest pada materi sikapku terhadap keberagaman budaya pada peserta didik kelas IV sekolah dasar negeri wanaherang 02 kabupaten bogor semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pednekatan research and development (R&D) yang mengikuti langkah-langkah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, lembar instrumen berupa angket respon peserta didik dan pendidik, serta soal pre-test dan post-test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi renderforest pada materi sikapku terhadap keberagaman budaya, serta untuk menilai kelayakan dan keefektifan video pembelajaran tersebut dalam mendukung proses pembelajaran. Subjek penelitian dari atas tiga pihak, yaitu validator ahli1, 1 guru kelas IV dan 23 peserta didik sdn wanaherang 02. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video pembelajaran animasi menggunakan aplikasi renderforest yang dikembangkan melalui uji kelayakannya melalui melalui angket respon peserta didik dan keefektifannya melalui pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji kelayakan, persentase yang diperoleh adalah sebagai berikut : Ahli media 94%, ahli bahasa 100%, dosen ahli materi 96%, dan guru ahli materi 98%. Selain itu, Berdasarkan uji coba terbatas pada 23 peserta didik kelas IV, Produk memperoleh kategori sangat layak dengan persentase 98%. Uji keefektifan juga menunjukan peningkatan, dengan skor pre-test sebesar 64,7% dan post-test sebesar 92,1% dapat disimpulkan bahwa produk video sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain