Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Insruction Dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita Fantasi pada siswa kelas VII SMP PGRI tugu 207 Bogor.
Derry Suhendar: Penerapan Model Problem Based Instruction dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII
SMP PGRI Tugu 207 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor
2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Instruction
dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP
PGRI Tugu 207 Bogor serta mengetahui kendala yang dialami siswa dalam menulis
teks cerita fantasi melalui penerapan model Problem Based Instruction. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Tugu 207. Sampel penelitian ini adalah kelas
VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan teknik
sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model
pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis
teks cerita fantasi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya
peningkatan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks cerita fantasi dari 48,4 menjadi
68,4. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes
diperoleh harga ttes= 3,07 dan db= 72. Nilai db= 72 tidak terdapat dalam tabel maka
dicari db yang mendekati, yaitu db 70 dan diperoleh ttabel, t0,05= 1,66 dan t0,01= 2,38.
Dengan demikian, ttes signifikan karena nilai ttabel
Tidak tersedia versi lain