Text
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema I Indahnya Kebersamaan Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku Pembe;ajaran Ke I; Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Peserta Didik Kelas IV SDN Klapanunggal 1 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024
Reza Dzulfiqar Falah, 0371109111. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Learning Terhadap Hasil VBelajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2023. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar terhadap subtema Keberagaman Budaya Bangsaku melalui model Problem Based Learning dan model Konvenisonal. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Klapanunggal 1 Kabupaten Bogor kelas IV A dan IV C pada bulan Agustus semester Ganjil. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pretest dan postetst yang menghasilkan perhitungan N-Gain model ProblemBased Lerarning sebesar 78 dengan kriteria sangat tinggi. Sehingga A-Gain pada kelas eksperiman dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model konvensiona. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji lilifors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Learning Based didapat nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,139,0,148 danpada kelompok kelas Discovery Learning 0,066
Tidak tersedia versi lain