Skripsi Biologi
Pengembangan E-Magazine Biogekimia Berbasis Sets untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.
Naura raihana. 036121019. Pengembangan media e-magazine biogeokimia
berbasis sets untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Skripsi.
Universitas pakuan. Bogor. Di bawah bimbiangan Prof. Dr. Rita Retnowati, M.S
dan Dina Dyah Saputri, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
melalui pembelajaran biogeokimia menggunakan e-magazine berbasis pendekatan
Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup
lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek
penelitian adalah 31 siswa kelas X IPA di SMA Negeri 1 Ciawi. Data dikumpulkan
melalui pretest dan posttest menggunakan soal esai berdasarkan lima indikator berpikir
kritis: interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, dan eksplanasi. Hasil menunjukkan
peningkatan skor rata-rata dari 48,75 menjadi 78,13. Seluruh indikator mengalami
peningkatan kategori: analisis dan evaluasi mencapai kategori sangat tinggi, sementara
indikator lainnya berada pada kategori tinggi. Hasil N-Gain sebesar 0,60 dengan
kategori sedang. Media e-magazine terbukti mampu mengaitkan materi biogeokimia
dengan konteks nyata secara interaktif, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis
dan memahami konsep secara mendalam. Pembelajaran berbasis SETS juga memberi
ruang untuk eksplorasi mandiri dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini
menunjukkan bahwa e-magazine berbasis SETS efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, serta berkontribusi dalam penyediaan
media pembelajaran inovatif untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan sains
di Indonesia.
Kata Kunci: Biogeokimia, Berpikir Kritis, SETS, E-Magazine
Tidak tersedia versi lain