Skripsi Indonesia
Pengaruh model problem based learning dalam pembelajaran menulis VII SMP Negri 3 Cisarua Kabupaten Bekasi
Evita Hasan 032119083. Pengaruh Model Problem Based Learning dalam
Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah
Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan
Stella talitha, M.Pd. dan Siti Chodijjah, M.Pd.
Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berbasis masalah yang
bercirikan adanya permasalahan dunia nyata sebagai konteks untuk para peserta
didik berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh
pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi, serta untuk
mengetahui model problem based learning sebagai model pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Penelitian Kuantitatif adalah
metode berkiatan dengan angka yang akan diolah berupa perhitungan , pembahasan
dan pengujian hipotesis dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa hasil pengolahan data statistika sebagai
sumber datanya. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini adalah tes dan nontes.
Keterampilan menulis teks narasi yang menjadifokus penelitian ini. Dari hasil
penelitian ini 85% siswa meningkat dalam keterampilan menulis teks naras. Hasil
ini memberikan hal yang positif bagipembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
Kata kunci. Problem based learning, menulis, dan teks narasi
Tidak tersedia versi lain